Sabtu, 19 Juni 2010

G.U.Y.O.T


Seamounts dan Guyots adalah gunung berapi yang telah dibangun dari dasar laut, kadang-kadang atau di atas permukaan laut. Guyots are seamounts that have built above sea level. Guyots adalah seamounts yang dibangun di atas permukaan laut. Erosion by waves destroyed the top of the seamount resulting in a flattened shape. Erosi oleh gelombang menghancurkan puncak gunung bawah laut yang dihasilkan dalam bentuk rata.


Due to the movement of the ocean floor away from oceanic ridges, the sea floor gradually sinks and the flattened guyots are submerged to become undersea flat-topped peaks. We know that the tops of guyots were once at the surface because they contain evidence of fossils such as coral reefs that only live in shallow water. Seamounts conversely represent volcanoes that did not reach sea level so their tops remain intact and are shaped like volcanoes on land. Karena pergerakan dasar laut jauh dari pegunungan laut, dasar laut secara bertahap tenggelam dan guyots rata yang terendam menjadi flat-topped puncak bawah laut.


Kita tahu bahwa puncak guyots pernah di permukaan karena mengandung bukti fosil seperti terumbu karang yang hanya hidup di air dangkal. Seamounts sebaliknya merupakan gunung berapi yang tidak mencapai puncak permukaan laut sehingga mereka tetap utuh dan berbentuk seperti gunung berapi di darat.

0 komentar: