Minggu, 11 Juli 2010

MENGENAL LEBIH JAUH, APA ITU TSUNAMI??

Kalian semua pastinya udah pada tahu kan, apa itu Tsunami?? Apalagi negara kita rawan dengan bencana ini karena letak geografis negara kita yang amat sangat memungkinkan terjadinya Tsunami.


Nah, bagi yang pingin lebih mengerti apa itu Tsunami, bisa kalian mengerti di sini nih! Ya, nggak lengkap-lengkap amat sih, tapi insyaallah bisa membantu kalian untuk lebih mengerti apa itu Tsunami. Amin . . . Ini dia kawan :

Tsunami berasal dari Bahasa Jepang yang biasa disebut sebagai gelombang pasang, adalah suatu fenomena gelombang laut yang tinggi, besar dan berkekuatan, yang terjadi akibat adanya pengaruh proses endogenik di dasar samudera. Sehingga menimbulkan gangguan mendadak pada permukaan dasar laut yang secara vertikal mempengaruhi volume kolom air.

Panjang gelombang tsunami bisa mencapai ratusan kilometer dengan kecepatan rambat gelombang sekitar 800 km/jam dan ketinggian gelombang bisa mencapai 20 km jika gelombang sampai di wilayah pantai. Sehingga dapat menimbulkan kerusakan berat bagi daerah pantai yang tersapu tsunami.



Mekanisme terjadinya tsunami :
1. Terjadi gempabumi tektonik akibat peristiwa tumbukan lempeng.
2. Terjadi pengurangan volume air sehingga air laut menyusut sesaat.
3. Terbentuklah gelombang laut yang semakin kuat ke arah pantai.
4. Terjadilah gelombang tsunami yang tingginya sesuai perbedaan elevasi.
5. Tsunami akan terpecah dan tertahan oleh tanggul pepohonan.

Di Indonesia, peristiwa tsunami terdahsyat pernah terjadi di Krakatau (26 Agustus 1883). Krakatau adalah pulau vulkanik di Selat Sunda, Indonesia. Meletus dan menimbulkan bencana yang maha dahsyatnya. Letusannya diperkirakan setara dengan 200 megaton TNT sehingga sebagian besar gunung tersebut hancur, juga terlempar tinggi ke udara. Gelombang yang dahsyat itu menelan 36.000 korban jiwa dengan tinggi gelombang lebih dari 40 meter. Bayangkan betapa dahsyatnya!

Di Indonesia, tsunami dahsyat selain di Selat Sunda juga terjadi lagi di NAD dan Nias pada tanggal 26 Desember 2004. Yang diperkirakan menelan korban kira-kira 90.000 jiwa. Tsunami yang terjadi di NAD dan Nias tersebut disebabkan oleh adanya gempa tektonik yang berupa tumbukan dua buah lempeng, yaitu Lempeng Dasar Samudera Hindia dengan Lempeng Asia yang pusat tubrukannya di samudera Hindia dengan kekuatan 8,9 SR.
Di Wilayah Pasifik pada 27 Maret 1964 juga terjadi gempa bumi berkekuatan 9,2 SR di Alaska yang juga menyebabkan tsunami yang cukup kuat. Pusatnya di lempeng Pasifik, sekitar 90 km sebelah Valdez, di kedalaman 25 km. Efeknya sampai terasa di Hawaii, British Columbia, dan Canada dibuat luluh lantak. Korban jiwa diperkirakan mencapai 122 orang.
Upaya Penyelamatan Diri dari Tsunami :
1. Permukaan air laut dalam keadaan normal, tiba-tiba terasa ada goncangan tanah.
2. Air laut surut secara tiba-tiba menjorok jauh ke tengah laut. Segera lari menjauh dari pantai cari tempat yang tinggi.
3. Berlindung di perbukitan atau daerah yang tinggi.
4. Tunggu hingga gelombang laut normal kembali, lakukan tindakan penyelamatan.

0 komentar: